-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga menginspirasi...

Mari Belajar Astronomi!! Belajar tentang Angkasa Raya dan Seisinya

Mari Belajar Astronomi!! Astronomi adalah Ilmu yang mempelajari benda-benda angkasa, terutama yang berhubungan dengan sifat-sifat fisik dan fenomena-feonomena yang terjadi di angkasa. Benda Angkasa yang di maksud adalah Bintang, Planet, Meteor, Komet, Galaksi, Asteroid, Gugus Bingtang (Rasi), dll. Sementara Fenomena yang terjadi antara lain, angin matahari, hujan meteor, gerhana, dll.

Orang yang ahli di bidang ilmu astronomi di sebut astronom.

Ilmu Astronomi adalah salah satu ilmu tertua yang di pelajari manusia. Sejak zaman dahulu kala, bangsa-bangsa yang memiliki peradapan tinggi seperti bangsa Sumeria, Mesir, Maya, Babilonia, menggunakan ilmu astronomi dalam kesehariannya. Dari naskah-naskah kuno peninggalan peradapan tersebut, di ketahui bahwa bangsa-bangsa itu telah melakukan pengamatan yang singnifikan dan akurat, yang tidak bisa di cerna oleh nalar manusia modern seperi kita. Karena pada zaman itu, peralatan dan ilmu pengetahuan belum berkembang sepesat sekarang. 

Cabang-cabang Ilmu Astronomi

Berdasarkan apa yang di pelajari, Ilmu astronomi di bagi dalam beberapa cabang, yaitu:

1. Astronomi Praktis, astronomi yang mempelajari bagaimana mengadakan observasi terhadap benda-benda angkasa, dengan alat-alat satronomis dan metode yang sesuai sehingga di peroleh data yang memenuhi persyaratan benar,

2. Astrometri atau Astronomi posisi, adalah ilmu astronomi yang mempelajari hubungan geometris benda-benda angkasa yang meliputi: kedudukan benda angkasa, jarak antar benda angkasa, ukuran, rotasi dan revolusinya.

3. Astrofisika, ilmu astronomi yang mempelajari sifat-sifat spesifik benda-benda angkasa, meliputi: temperatur dan radiasi, keadaan atmosfer, keadaan permukaan, dan gejala-gejala yang di sebabkan oleh sifat fisik tersebut.

4. Kosmogoni, ilmu astronomi yang mempelajari asal usul dan cara terbentuknya benda-bena angksa seperti bintang, planet, komet, dll.

5. Astronomi deskriptif, ilmu astronomi yang menjelaskan secara teratur atau sistematis tentang fakta-fakta / gejala-gejala astronomis dan bagaimana gejala tersebut bisa terjadi

Pada abad 20, di kenal istilah astronomi profesional. Astronimi profesional ini di bagi 2 cabang yaitu Astronomi Observasional dan astronomi teoritis. Astronomi observasi berhubungan dengan pengamatan dan pengumpulan data, sementara astronomi teoritis berhubungan dengan upaya pengembangan model-model analiis untuk menjelaskan hasil hasil dari pengamatan tersebut. Kedua cabang ilmu astronomi profesional ini bersifat saling melengkapi atau komplementer.

Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan alat-alat astronomi mutakhir, banyak bermunculan astronom-astronom profesional dan amatir yang terus berupaya dengan segala sumber daya dan kemampuan untuk menemukan penemuan-penemuan astronomis baik yang berupa benda-benda angksa baru ataupun alat-alat pendukung untuk pengamatan benda angkasa.

Meski sama-sama berawalan kata Astro, tapi Astronomi tidak sama dengan Astrologi. Astrologi bersifat absurb yang  didasarkan pada mitos dan tahayul, sementara astronomi bersifat fakta dan realitas yang bisa di buktikan secara kongkrit dan empiris.

Astronomi di sebut juga ilmu falak atau kosmografi yaitu ilmu yang mempelajari keadaan alam semesta atau kosmos.

Popular Posts